Wednesday, August 13, 2008

Menyikapi Miss Universe 2008..Indonesia Sudah Fair Belum Ya....??

Sekarang lagi gegeran mengenai keikutsertaan miss Indonesia 2008, Putri Raemawasti dalam Miss Universe yang diselenggarakan di Vietnam baru-baru ini, dan mengenakan swim suit… !!! Banyak hujatan ataupun kritik menimpa mbak Putri ini… yang memperlihatkan aurat laagh…. nggak sesuai kepribadian bangsa laagh… !!! Gue tergelitik untuk membahaz mengenai hal ini… karena hampir tiap tahun… issuenya sama… yaitu mempertontonkan aurat…(kapan ya bisa lancar).. bahkan mau dicekal laagh etc… !!! Apa bener putri indonesia yang dituduhkan dengan berbagai hal tersebut, sudah selayaknya di hadd … ??? Apakah para pihak yang memprotes, mendemo… sudah adil setidaknya untuk diri sendiri… ??? Mari kita bahaz sekilas mengenai hal ini, dengan berharap polemik ini nggak terjadi lagi dimasa-masa mendatang… !!! D

Sekarang jika dituduh mempertontonkan aurat…. !!! Apa definisi aurat… ??? Kalau menurut islam dimana mayoritas penduduk indonesia adalah muslim, aurat untuk wanita adalah selain telapak tangan dan wajah… !!! Kalau rambut keliatan gimana… ??? Yaagh menurut definisi ini yaa aurat… !!! Tangan gimana… yaaagh sami mawon… !!! Gue teringat sewaktu mencoba mengamalkan untuk ‘laku menjaga pandangan mata’… !!! Apa hasilnya… nggak berdaya… !!! Lha iyaa… kalau gue kudu ke kantor… lha pasti sekeliling gue walaupun pake pakaian sopan… juga ada auratnya… !!! Ke mall.. ada perlu beli sesuatu … ya sami mawon… pasti ngeliat aurat… !!!

Sekarang dari sisi aurat… apa bedanya aurat tangan dengan aurat betis… !!! Atau sekalian bedanya dengan aurat bagian perut yang ngelihatin udele bodong… ??? Yaagh sama aza… !!! Naagh… masalahnya adalah Puteri Indonesia yang ngeliatin aurat udele bodong… dengan orang yang lari pagi di Senayan… yang ngeliatin betis dan paha… yang sama-sama juga aurat… diperlakukan beda… !!! Kalau yang memperlihatkan aurat betis dan paha… yoooo luweh… nggak apa-apa… nggak didemo.. nggak masuk koran etc… !!! Tapi kalau puteri indonesia yang memperlihatkan udele bodong… didemo abiz-abizan… !!! Umbrella girlz yang memperlihatkan udele bodong juga nggak didemo… !!! Jadi seolah-olah… yang ngerti fikih… berbuat ’standar ganda’… alias tebang pilih… dengan mengatasnamakan aurat… ??? Ntah definisi mana yang digunakan… !!!

Masyarakat Indonesia tuh majemuk… !!! Orang jawa… jika dilihat misalnya kawinan .. ada yang pakai adat basahan… yagh kelihatan aurat tangan dan leher… !!! Masyarakat bali… dulu lho.. biasa aza.. jalan dimana bagian atasnya cuma ditutupi selembar selendang.. atau bahkan nggak… !!! Bahkan menggunakan kerudung.. toh masih memperlihatkan rambut… !!! Opo maneh… kalau pernah ke Irian.. yang menggunakan koteka… !!! So.. ini yang terjadi… negara indonesia tuh negara majemuk… dengan berbagai suku bangsa, adat-istiadat, agama, ras … !!! Sejarah Indonesia… yang dari dulu ada pengaruh animisme, hindu, budha, kristen dan Islam… menuntut saling menghargai satu sama lain… !!(padahal yang ngemeng aja blumtentu gak mempertontokan aurat)

Last, silahkan introspeksi diri sendiri… apakah kita sudah adil alias fair… dan tidak menerapkan standard ganda… dalam menyikapi miss Indonesia 2008… !!! D

::disadur dari mas Triatmono::

1 comment:

Anonymous said...

yg dijaga itu perasaannya bukan matanya. Walaupun matanya atau pandangannya dipalingkan bahkan merem sekalipun, tetep aja yang kita lihat malah akan tersimpan dlm memori otak. akhirnya membentuk bayangan bahkan mungkin diperjelas dan kemudian direkayasa oleh ikajinasi. Maka kendalikan perasaannya jangan sampai pandangan itu menyiksa diri sendiri (itu siksaan yang tuhan kasihkan secara tunai..he..he..he)